Apa Kabar e-KTP, Ganjar Diwanti-wanti Berpikir Panjang Sebelum Maju sebagai Capres

Media Oposisi Indonesia
0


Jakarta - Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menegaskan agar kasus lama yang masih mangkrak di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baik e-KTP perlu diungkap kembali 


"Saya pikir kasus apapun baik itu e-KTP perlu terus diungkap," ungkap Jerry Massie, hari ini.


Menurut dia, para pejabat dinegeri ini susah kehilangan moral dan etika dalam memimpin. Kasus terakhir dua Menteri Jokowi yakni Mensos Juliari Batubara dan Menteri KKP Edy Prabowo serta sejumlah Kepala Daerah seperti Bupati Bogor Ade Yasin memberikan jawaban yang mana pejabat di Indonesia kian rentan melakukan tindakan tipikor.


"Memang kalau hukum lemah maka tindakan korup sulit dibendung apalagi pemerintah membuat kebijakan Kemenkumham mengurangi hukuman bagi koruptor atau remisi. Hal ini akan berdampak buruk pada law enforcement atau penegakan hukum," bebernya.


Jerry menuding, banyaknya koruptor dari pejabat negara adalah kesalahan pemerintah yang tak mengkaji matang sebelum mengeluarkan kebijakan.


Disisi lain, ia mengingatkan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang memiliki riwayat pernah diperiksa kasus e-KTP untuk berpikir matang dan panjang sebelum berniat maju sebagai Capres.


"Saya kira kasus Ganjar dan politisi lain akan terus digoreng. Jadi bagi saya para capres yang punya kasus hukum lebih baik berpikir panjang sebelum menjadi capres," sambungnya.


Sebab, kata dia, ada efek domino yang akan ditimbulkan dan bisa menggerus suara elektoralnya. Bagi dia, kalau hukuman mati atau memiskinkan koruptor enggan diterapkan maka praktik ini akan terus berlanjut malahan akan semaki masif.


"Untuk itu pemerintah bisa membuat kebijakan yang masif dan keras agar korupsi bisa di berangus sampai ke akarnya. Praktik money politik dan mahar politik memang merupakan pemicu yang utama," pungkasnya.



Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top