KHILAFAH BUKANLAH IDEOLOGI, ISLAM LAH YANG MENJADI AGAMA SEKALIGUS SEBAGAI MABDA' ATAU IDEOLOGI 

Media Oposisi Indonesia
0

 


Oleh : Adi Victoria 


BNPT merelease 5 ciri-ciri penceramah radikal. Urutan pertama dari 5 ciri-ciri tersebut disebutkan : yakni "mengajarkan ajaran yang anti-Pancasila dan pro ideologi khilafah transnasional."


"Ideologi khilafah", itulah kata atau kalimat yang sering dinarasikan oleh sebagian pihak untuk menyudutkan salah satu dari ajaran Islam dalam hal ini adalah khilafah. 


Diopinikan bahwa khilafah adalah sebuah ideologi.  Pertanyaannya,  benarkah khilafah ity sebuah ideologi? 


Maka untuk menjawab hal ini,  tentu kita harus memahami apa itu ideologi, yang di dalam bahasa arab disebut dengan mabda'. 


Definisi Ideologi :


Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani mendefinisikan ideologi yakni


عقيدة عقلية ينبثق عنها نظام


 "Aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan."


أما العقيدة فهي فكرة كلية عن الكون والإنسان والحياة، وعما قبل هذه الحياة الدنيا، وعما بعدها وعن علاقتها بما قبلها وما بعدها.

"Aqidah itu sendiri adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta, manusia, dan hidup, serta tentang apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan, di samping hubungannya dengan Zat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini."


Ideologi bisa lahir dari kejeniusan seseorang –terlepas salah atau benarnya—, bisa juga ideologi itu lahir dari wahyu. 


Misalnya dari pemikiran seorang manusia yang  memikirkan secara menyeluruh terkait alam semesta,  manusia dan kehidupan,  serta hubungan ketiganya tadi dikaitkan dengan kehidupan sebelum dan setelah kehidupan dunia. 


Dari proses pemikiran tersebut, lahirlah pemikiran yang menganggap bahwa alam semesta,  manusia dan kehidupan ini ada dengan sendirinya,  tidak ada peciptaan dan tidak ada hari kebangkitan.  Dari sini kemudian munculah pemikiran komunis yang kemudian menjadi pijakan bagi sosialisme sebagai sebuah ideologi. 


Ada juga pemikiran yang melahirkan pemahaman bahwa hidup di dunia ini tidak ada kaitannya dengan kehidupan yang akan datang,    walaupun mereka meyakini adanya proses penciptaan dan adanya hari akhir. Sehingga hidup di dunia ini mereka anggap sebagai tempat untuk memenuhi kepuasaan jasmaninya. Sama sebagaimana pemikiran komunis yakni untuk memenuhi kesenangan hidup, mumpung masih hidup di dunia. Dari sini kemudian lahirlah faham sekularisme yang kemudian menjadi pijakan bagi ideologi kapitalisme. 


 Ada juga pemikiran yang bersumber dari wahyu,  yakni ketika memahami alam semesta,  manusia dan kehidupan adalah diciptakan oleh Allah, hidup di dunia semata-mata untuk beribadah,  dan memahami setelah kehidupan dunia ada hari kebangkitan untuk menuju hari penghisaban.  Yang semua itu bersumber dari wahyu,  itulah Islam,  agama sekaligus ideologi. 


Jadi,  ideologi adalah aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan. Dan di dunia ini cuma ada tiga ideologi,  yakni Islam,  Sosialisme dan Kapitalisme.


Dari aqidah aqliyah sekulerisme melahirkan seperangkat aturan di dunia,  yang meniadakan peran agama dalam aturan hidupnya di dunia. Inilah ideologi kapitalisme. 


Dari aqidah aqliyah komunisme tadi lahir pula seperangkat aturan dalam mengatur manusia, ideologi sosialisme. 


Dari aqidah aqliyah Islam tadi pula lahir aturan-aturan yang bersumber dari wahyu bagaimana mengatur kehidupan manusia di dunia ini. Inilah Islam,  agama sekaligus mabda' atau ideologi. 


Jadi,  khilafah bukanlah ideologi. Karena khilafah bukanlah suatu aqidah aqliyah, sebagaimana maksud dari penjelasan aqidah yang telah dijelaskan tadi. 


Khilafah adalah ajaran Islam. Sama seperti ajaran Islam seperti kewajiban melaksanakan sholat, puasa,  haji, zakat dan kewajiban lainnya di dalam Islam. 


Memaksakan pendapat khilafah adalah sebuah ideologi,  adalah suatu kebodohan atau mungkin suatu kesengajaan untuk menjauhkan khilafah sebagai sebuah ajaran Islam dari manusia, bahkan ingin menjauhkan khilafah dari umat Islam itu sendiri. Wallahu a'lamu bisshowab. []

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top